Thursday, December 3, 2015

Tips Menyambung Papan Kayu

Tips Menyambung Papan Kayu

Tips Menyambung Papan Kayu,-  Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang cara menyambung papan kayu. Untuk seputar mebel, itu semua bahan bakunya adalah menggunakan kayu yang ukurannya 2cm atau yang di sebut dengan papan. Seperti almari, kursi, meja dan lain-lainnya. Itu semua selalu menggunakan papan. Nah sobat langsung saja tanpa bertele-tele, berikut tips cara menyambung papan kayu dengan benar.

Tips Menyambung Papan Kayu

  1. Bahan kayu yang sudah kita pilah pilah itu kita serut dulu dengan mesin serut yang tajam. Dengan lurus dan harus siku agar nanti jika kedua papan akan disambung itu tidak miring.
  2. Jika kedua papan sudah kita serut, dan selanjutnya harus kita cek dulu kerapatannya, jika masih ada yang kurang rapat atau masih renggang. maka kita rapatkan lagi dengan mesin serut sampai rapat, tidak ada celah sedikitpun.
  3. Jika kedua papan sudah rapat, baru kemudian kita sambung dengan menggunakan paku. Dan paku yang akan kita buat penyambungan, itu kepala paku kita potong dulu dengan menggunakan tang. Atau dengan palu, jika ukuran paku agak sedikit besar.
  4. Untuk menambah kekuatan penyambungan papan. Maka kita tambah dengan lem kayu, untuk pengeleman gunakan lem yang cepat kering seperti lem tetes G.
  5. Atau mungkin juga, jika ingin mengirit lem G, karna lem G itu juga mahal, adalah dengan cara cukup di pangkal dan ujung kayu saja yang di beri lem G. Sementara yang bagian tengah itu menggunakan lem kayu rajawali biasa, yang berwarna putih.
  6. Fungsi dari pada lem G, hanyalah untuk mengonci saja. Untuk para tukang mungkin sudah paham akan hal ini.
  7. Terakhir pengepresan, untuk pengepresan kita gunakan alat pres dari besi dengan cara putar gagang pres dengan kuat. Dengan di barengi memberikan atau mengucurkan tetes lem G.



Tips Menyambung Papan Kayu
infomebelterbarublogspot.com
Jika sudah selesai penyambungannya. Tinggal kita meratakannya dengan menggunakan mesin serut. Untuk meratakan kayu atau papan, itu serut papan dengan posisi serat kayu malang. Atau biasa di sebut dengan bahasa pertukangan di "alang dulu" agar supaya kayu bisa rata dengan sempurna. Jika kedua permukaan papan sudah kita alang dengan mesin serut, maka kita tinggal menyerut dengan posisi serat kayu dengan posisi serat kayu lurus dengan pelan-pelan. Agar supaya kayu tidak terlalu membekas serutan mesin serut. atau menggelombang.

Atau lebih jelas bisa lihat video di bawah ini.

centercenter

Demikian tips menyambung papan kayu dari saya. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Di sini kami juga melayani pesanan seperti Kusen,pintu,daun cendela,meja,kursi,almari,dipan dan lain sebagainya. Untuk cara memesan bisa langsung menghubungi kami di nomor telfon yang sudah kami sediakan. Atau mungkin bisa langsung datang di tempat kami dengan alamat yang sudah kami sediakan. Sekali lagi terima kasih.

Artikel Terkait

Tips Menyambung Papan Kayu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email