Saturday, November 14, 2015

Cara Memasang Engsel Dengan Mudah dan Cepat

Cara Memasang Engsel Dengan Mudah dan Cepat

Cara Memasang Engsel Dengan Mudah dan Cepat,- Sebelum menjelaskan tips cara  memasang engsel pada daun pintu atau cendela dengan cepat dan mudah. Saya akan menjelaskan lebih dulu perbedaan pemasangan engsel tanpa menggunakan tips atau tehnik. Karna dalam pemasangan engsel kelihatannya itu pekerjaan yang sepele. Padahal itu sungguh sangat menguras tenaga, Jika di kerjakan oleh orang atau para tukang yang belum berpengalaman. Beda dengan pemasangan engsel oleh orang atau para tukang kayu yang sudah berpengalaman sangat berbeda sekali, Karna semua tukang belum tentu menguasai semua tehnik pertukangan.Jaman sekarang semua pekerjaan tukang kayu atau mabel itu menggunakan peralatan mesin, Sudah gak jamannya lagi mengunakan peralatan manual tapi sebagian ada peralatan manual yang masih parlu di gunakan.

Berikut tehnik Cara Memasang Engsel Dengan Mudah dan Cepat.

1. Pertama tama daun pintu kita ukur pada kusen lebih dulu, Jika kurang pas maka serut daun pintu dengan mesin serut atau "pasah" sampai pas dengan ukuran lebar kusen. Jangan sampai kelonggaran atau terlalu rapat, Harus ada celah longgar sedikit, Kira-kira tiga mili antara kusen dan daun pintu. Untuk bagian atas disarankan harus rapat, Jika masih ada celah atau kemiringan daun pintu, Sekrap atau serut daun pintu dengan pas ukuran kusen.

2. Jika sudah mendapatkan ukuran yang pas sesuai pada keterangan di atas. Lalu coret atau ukur penempatan engsel menggunakan pena. Jarak penempatan engsel dari atas kira-kira tiga belas centi. Dan dari bawah dua puluh lima centi meter. Dengan posisi daun pintu ditempatkan ke kusen agar daun pintu dan kusennya tercoret keduanya dengan pas. Dan juga nantinya tidak bongkar pasang dan tidak terlalu menguras tenaga. Untuk mendapatkan hasil pemasangan daun pintu yang kuat dan solid, di sarankan engsel berjumlah tiga buah. Sementara jarak engsel yang tengah itu harus sama, Antara engsel yang atas dan engsel yang bawah, atau yang biasa di sebut pas "as".

Cara Memasang Engsel Dengan Mudah dan Cepat
    Foto cara mengukur ketebalan engsel beserta pemahatan menggunakan mesin profil dengan lup.
                           

3. Untuk cara memahat bekas coretan atau ukuran engsel pada daun pintu itu jangan pakai alat pahat manual. Pakai alat mata profil mesin yang berbentuk "lop" atau yang sering digunakan untuk memprofil tempat lubang kaca pada daun cendela, seperti tampak pada gambar di atas. Jika semua ukuran sudah di pahat menggunakan mesin profil, Maka kita tinggal merapikannya saja menggunakan alat manual, seperti pahat biasa. Untuk kedalaman pahatan itu harus di ukur dengan ketebalan engsel. Agar nantinya pintu dan kusen jika sudah terpasang akan menghasilkan yang bagus tidak terlalu renggang dan juga tidak terlalu rapat.  

4. Sementara untuk memahat tempat engsel pada bagian kusennya, Itu hanya bisa di lakukan dengan menggunakan alat pahat biasa. Begitu juga cara memasang sekrup pada engsel pakailah alat bor mesin. Dengan menggunakan mata bor sekrup, Agar lebih mudah dan ringan, jangan paki alat obeng manual, karna akan menghabiskan tenaga dan juga mudah capek dan lelah. Bahkan bisa menimbulkan luka pada tangan telapak tangan kita.

Demikian tips dari saya Cara Memasang Engsel Dengan Mudah dan Cepat, semoga bermanfaat dan berguna selamat mencoba. Di sini kami juga bisa menerima pesanan meubel seperti kusen, daun cendela, daun pintu, meja, kursi dan lain sebagainya sesuai kebutuhan Anda. Untuk cara memesan bisa langsung datang di Galangan meubel kami. Atau bisa menghubungi di kontak kami yang sudah tersedia. Sebelumnya saya sampaikan terima kasih.

Artikel Terkait

Cara Memasang Engsel Dengan Mudah dan Cepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email