Saturday, November 14, 2015

Tips Cara Membuat Pintu Minimalis Kayu yang Kuat

Tips Cara Membuat Pintu Minimalis Kayu yang Kuat 

Tips Cara Membuat Pintu Minimalis Kayu yang Kuat ,- Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat atau mengerjakan sebuah pintu dari kayu yang kuat dan solid. Tapi juga perlu Anda ketahui bahwasannya dalam mengerjakan sebuah pintu dari kayu di butuhkan orang yang berpengalaman atau yang istilahnya "tukang kayu" karna setiap pengerjaanya tidak lepas dari alat yang sangat tajam seperti gergaji, pahat, mata pisau profil dan lain-lainnya.

Sebelum memulai pekerjaan alangkah baiknya kita berdoa lebih dulu. Agar di mudahkan dan di beri keselamatan oleh yang maha Kuasa. Karna tidak menutup kemungkinan keselamatan kerja adalah prioritas yang utama.


Tips Cara Membuat Pintu Minimalis Kayu yang Kuat
infomebelterbarublogspot.com


Tips Cara Membuat Pintu Minimalis Kayu yang Kuat :
  1. Pertama-tama alat yang akan kita gunakan seperti pahat, gergaji dan pisau mesin serut atau "pasah" itu kita cek lebih dulu ketajamannya  jika kurang tajam harus di asah lebih dulu. 
  2. Jika alat yang akan di gunakan itu kurang tajam maka akan menghasilkan hasil yang kurang bagus dan sedikit lamban dalam pengerjaan. 
  3. Setelah alat alat sudah kita asah  dan menghasilkan ketajaman kemudian setel ke mesin masing-masing dengan baik dan benar, baru kita bisa mulai tahap pengerjaan.
  4. Pertama kita harus memilih bahan bahannya sampai pas dengan kebutuhannya.
  5. Misalnya membuat daun pintu dengan ukuran dua meter kali delapan puluh. 80X200
  6. Dan kayunya yang berkulitas. kemudian serut kayu kayu dengan baik dan lurus. Yang pasti siku  di setiap sudutnya. 
  7. Juga ketebalan kayu harus sama persis. ini dalam tahap pembuatan rangka dulu karna setiap akan membuat daun pintu itu pasti rangkanya lebih dulu. 
  8. Baru kemudian tahap bahasa pertukangan " isennya" atau papannya. jika bahannya sudah lengkap seperti slimar dan sunduknya. lalu ukur tinggi pintunya kemudian ukur sunduk atas dan sunduk bawah pada slimarnya. 
  9. Baru kemudian ukur kelebaran sunduknya sesui yang di inginkan.

Untuk pembuatan purusan sesuka hati mau tembus atau tidak. Dalam pembuatan purusan itu harus pas dengan ukuran lubang pahatan slimar. jika semua sudah pas baru tahap pembuatan isen papannya begitu juga isen papan itu sambunngannya kayu harus rata siku.

Supaya lem kayu bisa merekat dengan rapat dan kuat tidak boleh ada celah renggang sedikitpun. untuk pengukuran di utamakan pake mili meter karna lebih bagus dari pada centi meter.
Jika bahannya semua sudah selesei, baru pengetrapan atau pengepresan pintu, semua sunduk dan slimar harus di kasih lem perekat kemudian bor dan paku dengan patek, menngunakan bambu yang kuat.

Demikian tips dari saya Tips Cara Membuat Pintu Minimalis Kayu yang Kuat. semoga bermanfat. Di sini kami juga melayani pesanan segala kebutuhan mebel rumah Anda, seperti kusen, almari, meja, kursi, dipan, dan lain-lainnya. Untuk informasi bisa hubungi di Kontak Kami, Terima kasih.





Artikel Terkait

Tips Cara Membuat Pintu Minimalis Kayu yang Kuat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments: